Jum. Jun 18th, 2021

JATIBARANG – Sebanyak dua puluh satu Bakal Calon Ku’wu dari 6 desa ,dari total 11 desa yg melaksanakan Pilkuwu, telah mengikuti proses tahapan penelitian klarifikasi Bacalwu yang digelar Pemerintah kecamatan Jatibarang pada Selasa (6/4/20021) yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Jatibarang.

21 bacalwu dari enam desa di wilayah Kec. Jatibarang yang ikut dalam tahapan klarifikasi dihari pertama itu yakni Desa Jatibarang Baru, Kebulen, Bulak, Bulak Lor, Jatisawit, dan Krasak.

“Benar, dihari pertama pelaksanaan klarifikasi berkas bacalwu hanya enam desa dulu, dilanjutkan besok Rabu (7/4/2021) untuk 5 desa berikutnya ,” ujar Camat Jatibarang Indra Mulyana, AP.,M.Si Bacalwu dari 6 desa tahap 1, telah mengikuti Tahapan Klarifikasi Tingkat Kecamatan.

Camat menjelaskan, prosesi tahapan klarifikasi kelengkapan persyaratan bacalwu yang digelarnya merupakan rangkaian tahapan pelaksanaan Pilwu serentak 2021 di Kabupaten Indramayu khususnya di sebelas desa se Kec Jatibarang yang selanjutnya hasil penelitian dan klarifikasi ini akan menjadi bahan pertimbangan penetapan bakal calon menjadi calon kuwu oleh panitia .

Dipaparkannya, pelaksanaan klarifikasi persyaratan bacalwu ditingkat kecamatan,merupakan lanjutan dari tahap penelitian kelengkapan yang sudah digelar terlebih dulu Panpilwu tingkat desa berdasarkan tahapan Perbup No 64.A tahun 2020 dan Perda no 5 tahun 2017;
secara prinsip tidak ada kendala. Proses berjalan lancar hingga sejumlah dua puluh satu bacalwu hadir secara pribadi dan mengikuti tahap klarifikasi atas seluruh dokumen yang dipersyaratkan dalam pelaksanaan Pilwu serentak di tahun 2021 ini.

Satu persatu bakal calon “kata Camat Indra, memperlihatkan seluruh dokumen asli seperti halnya KTP, KK, Ijasah, Akta, SKCK, Surat Keterangan Pengadilan, Kejaksaan, RSUD, dan lainnya ,untuk di klarifikasi kepada Dinas terkait yg melegalkan dokumen-dokumen tsb.

“Prosesnya klarifikasi ini di hadiri langsung oleh Beberapa unit kerja pemerintah, Kapolsek Jatibarang Kompol.Alka Nurani, SH. ,Danramil Jatibarang, Kap.Kav. Sugiyanto, Kepala KUA, KWKBP Pendidikan Kec. Jatibarang, Kepala Puskesmas Jatibarang dan Kepala Puskesmas Jatisawit, untuk memeriksa keabsahan dari dokuemen yg diserahkan oleh Bakal calon kepada panitia Pilwu Tk.Desa.. “ungkapnya.

Dipaparkannya juga, pelaksanaan tahap klarifikasi yang dimulai sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WIB pagi tadi, berjalan dengan tertib yang tetap mengacu pada protokol kesehatan. Meski ada kerumunan diluar Aula bukan berarti massa pendukung dari masing masing bacalwu. Akan tetapi mereka itu pendamping yang disebut Kuasa Calon yang memang diikut sertakan dalam agenda klarifikasi ini.

“Alhamdulillah, proses klarifikasi berjalan lancar, satu persatu dipanggil sesuai absen tetap mengacu pada protokol kesehatan,”paparnya.

Pihaknya menjelaskan untuk penelitian Klarifikasi bacalwu dihari kedua Rabu 7 April 2021,yang akan di ikuti oleh lima desa, dirinya berharap tetap patuhi acuan prokes. Dengan saran hanya bacalwu dan kuasa calonnya saja yang hadir, sambil membawa seluruh dokumen yang asli.
“Saya minta prosesnya seperti di hari pertama penelitian, hanya bacalwu, kuasa calon dan ketua panitia saja yang diperkenankan hadir,”pintanya

Adapun dihari pertama nama nama Bacalwu yang sudah melaksanakan tahap klarifikasi ditingkat kecamatan yakni H. Surana, Kartini, Ahmad Sudibyo dan Iwan Hikwanto dari Desa Jatibarang Baru.
Bacalwu Kamdiyah, Harjono, Suradi Budiyanto dari Desa Bulak. Bacalwu Arobi Amir, Prasetiadi Eko Susilo dan Saeroji dari Desa Bulak Lor. Bacalwu H Tarkani AZ, Ismantoro, dan Nono Sumarno dari Desa Kebulen. Bacalwu Kunawi, Wardam, H.Tarmidi dan Sukarih dari Desa Jatisawit. Bacalwu Khoerul Isma, Narkiman, Carkiman dan Ratim dari Desa Krasak. (red/jujun)