peningkatan-kapasitas-perkuat-sinergitas-aparatur-desa

Peningkatan Kapasitas, Perkuat Sinergitas Aparatur Desa

 11 November 2023 |  Administrator

Peningkatan Kapasitas, Perkuat Sinergitas Aparatur Desa

Semakin meningkatnya kapasitas aparatur pemerintah desa, baik kades, sekdes dan komponen lainnya, maka dapat memperkuat sinergitas dalam proses penyelenggaraan dan pembangunan desa. Bila tanpa kesatupaduan diantara elemen maka gerak langkahnya akan sulit untuk itu harus dibangun semangat kebersamaan.

Demikian disampaikan Camat Jatibarang Rory Firmansyah, S.STP.,M.Si saat Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang, di aula kantor desa Pilangsari.

”Kesuksesan pelaksanaan seluruh program yang dicanangkan merupakan pembangunan salah satunya adalah terwujudnya pemerintahan Bermartabat. Kuwu, beserta jajarannya memegang peranan penting, karena saudara-saudara semua adalah ujung tombak keberhasilan pembangunan,” tuturnya.

Camat Jatibarang mengatakan, arah dan kebijakan pembangunan serta penyelenggaraan pemerintahan di semua lini, harus berprinsip pada pola pemerintahan Bersih, Religius Maju, Adil Makmur dan Hebat, dengan selalu mengutamakan sikap transparansi dalam bekerja. Agar sasaran pembangunan lebih terarah, apa lagi adanya program Dana Desa yang menjadi tanggung jawab bersama.

”Semua peserta dapat benar-benar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, demi pembangunan yang lebih baik lagi. Karena mundurnya desa berarti mundurnya pula negara, kesadaran ini penting kita usung dan harus kita miliki kesadaran kolektif ini,” tegasnya.

Camat Jatibarang berharap, seluruh aparatur pemerintah desa mampu mendayagunakan segala potensi yang ada di desa, untuk mendukung proses pembangunan desa, termasuk berupaya mengatasi prioritas permasalahan daerah seperti stunting serta kemiskinan ekstrem yang masih tinggi di Kabupaten Indramayu.

Dia juga mengingatkan, dana desa akan segera digelontorkan kembali, dan saat ini tengah digelar sosialisasi dan evaluasi program tersebut. Maka dari itu, gunakanlah anggaran secara arif dan bijak, gunakanlah kewenangan yang berpihak pada masyarakat desa, guna mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu melalui KABID Erwin, mengucapkan terim kasih serta apresiasi kepada seluruh perangkat desa di Kecamatan Jatibarang atas terselenggarakannya kegiatan peningkatan kapasitas tersebut. Menurut dia, ini baru satu-satunya kegiatan semacam yang pertama kali diikuti oleh seluruh aparatur desa, baik Kuwu, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di tingkat kecamatan.

“Kegiatan ini salah satu tujuannya yakni untuk memberikan evaluasi realisasi dana desa Tahun 2022 dan prioritas penggunaan dana desa Tahun 2023. Karena saat ini kegiatan itu mulai berjalan dan disosialisasikan di setiap kecamatan,” ungkapnya.

Lanjut Erwin pujadi, acuan program dana desa tahun ini sesuai Permendes PDTT Nomor 8 Tahun 2022, kabar gembira bahwa ada akomodir dari anggaran dana desa yang diperuntukan bagi kader dan nakes berupa bantuan insentif, khususnya yang belum mempunyai fasilitas layanan kesehatan.

“Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, desa diberi kewenangan dan anggaran yang luar biasa, sehingga peningkatan kapasitas aparatur ini merupakan kebutuhan, mengingat tugas perangkat desa dulu dengan sekarang berbeda. Dulu tugasnya hanya seputar mengurusi pajak dan administrasi saja, sekarang perangkat desa harus memahami betul tupoksi dan membantu permasalahan desa,” terangnya.

 


RORY FIRMANSYAH, S.STP., M.SI
Camat Jatibarang

Sinergi Program

SIKEMA

Kirim Keluhan

Lacak Keluhan Anda!

KELUHAN TERJAWAB

AGENDA KEGIATAN


  • Event tidak tersedia.

RORY FIRMANSYAH, S.STP., M.SI
Camat

Media Sosial

PENGUNJUNG