DISKOMINFO INDRAMAYU — Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) melalu Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Prof. DR.H. Zudan Arif Fakrulloh sangat mengapresiasi upaya terobosan dan inovasi layanan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Discapil) Kabupaten Indramayu.

Menurutnya, sudah sepatutnya Kebijakan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat perlu disandingkan dengan adanya upaya inovasi dalam memberikan pelayanan yang baik dan efesien kepada masyarakat.

Dikatakannya, layanan administrasi kependudukan (adminduk) yang banyak memiliki program pada Discapil Kabupaten Indramayu patut diapresiasi. Hal itu disampaikannya pada Pameran Bonsai Bumi Wiralodra sekaligus melihat layanan adminduk didampingi Kepala Discapil Kabupaten Indramayu di komplek GOR Singalodra Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Minggu (24/7/2022).

“Pelayanan Adminduk di Kabupaten Indramayu tentu dari tahun ke tahun berjalan lebih baik. Terlebih kebijakan Bupati Indramayu yang menginginkan pelayanan di masyarakat ditingkatkan sudah dilakukan dengan baik oleh Dukcapil Kabupaten Indramayu buat masyarakat,” katanya.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menambahkan, pekanya masyarakat terhadap tertib adminduk kini semakin baik di Kabupaten Indramayu. Terlebih upaya kolaborasi antar Perangkat Daerah (PD) dari Dukcapil Kabupaten Indramayu yang membuat terobosan layanan sudah nyata memberikan kemudahan bagi masyarakat ditambah peran Diskominfo Kabupaten Indramayu yang menyebarluaskan infomasi terkait program adminduk kepada masyarakat tersampaikan dengan baik.

“Dibawah kepemimpinan Ibu Bupati Indramayu Nina Agustina, kerjasama dan kolaborasi antara Discapil dan Diskominfo Indramayu memberikan suatu kinerja yang baik di satu sisi inovasi layanan adminduk kepada masyarakat satu sisi lainnya informasi layanan yang disebarkan oleh Diskominfo kepada masyarakat,” tambahnya.

Dikatakan Kepala Discapil Kabupaten Indramayu Moh. Iskak Iskandar, pihaknya dalam memberikan layanan adminduk kepada masyarakat kini semakin mudah, baik pembuatan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian dan Kata Kelahiran bisa dilakukan di manapun melalui program yang dimiliki.

Papar Iskak, program inovasi layanan adminduk itu meliputi Pelayanan Adminduk Akhir Pekan setiap Sabtu dan Minggu, Pelayanan Adminduk Tanpa Batas (Dukcapil PATAS) atau layanan adminduk bagi Penyandang Disabilitas, Lanjut Usia, Masyarakat Sakit dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) belum memiliki KK dan e-KTP.

“Selain kedua program tersebut yang sudah berjalan dan sudah dirasakan ke bermanfaatannya, kami juga memiliki Pelayanan Dukcapil Masuk Sekolah (PENDILMAS) yakni memberikan pelayanan perekaman e-KTP bagi seluruh siswa SLTA se-Kabupaten Indramayu,” katanya.

Diungkapnya, program ini sangat penting diikuti siswa SLTA yang sudah beranjak 17 Tahun sudah memiliki e-KTP. Hal ini tentu banyak manfaat dan memang sudah sepatutnya dimiliki baik keperluan untuk pelayanan perbankan, pelayanan kesehatan, melanjutkan sekolah, untuk menggunakan hak pilih maupun untuk pelayanan dasar lainnya. (MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.