Hadiri Sabtu Ceria, Bupati Nina: Alhamdulillah Sekarang Bisa Berkumpul Semuanya

Hadiri Sabtu Ceria, Bupati Nina: Alhamdulillah Sekarang Bisa Berkumpul Semuanya

Spread the love

KECAMATAN JATIBARANG – Masyarakat Indramayu berduyun-duyun mendatangi kegiatan edukasi bertajuk Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek Indramayu yang kembali digelar oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu, Sabtu (19/11/2022).

Sabtu Ceria kali ini dihadiri Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang semula hanya lewat video call untuk menyapa para peserta dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) di sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu.

Pada kesempatan Sabtu Ceria kali ini, ratusan siswa yang berasal dari SMPN 1 Sindang sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan seperti pentas Hadro, Tari Topeng, Parade PMR, Mendongeng Dermayu, Parade Pramuka, Pencak Silat, Pembuatan Kompos Organik dan menanam, serta Menyanyi Solo dan Paduan Suara.

Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan, apresiasi kepada penyelenggara acara dan pihak yang mendukung, juga menyapa dan berbincang dengan para guru dan anak-anak pelajar yang hadir meramaikan kegiatan tersebut, serta berpesan agar para pelajar tetap terus bersemangat belajar dalam meraih masa depan yang cemerlang.

“Sejak 2 (dua) tahun lalu kita tidak bisa mengadakan kegiatan seperti ini karena pandemi covid19, dan alhamdulillah sekarang bisa berkumpul semuanya, sehingga adik-adik bisa menunjukkan prestasi juga kesenian bahkan kegiatan positif lainnya seperti yang telah dilaksanakan hari ini, kalian dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik bahwa inilah masa anak-anak, kalian harus meraih masa ini dengan penuh kegembiraan, tidak menyia-nyiakan masa muda dengan seindah dan sebaik mungkin yang nantinya akan membuat kita mendapat bekal ilmu serta pergaulan yang positif,” ucapnya.

Sejalan dengan kegiatan tersebut, Bupati Nina memaparkan, bahwa Sabtu Ceria dapat menjadi wadah para siswa guna mengaplikasikan bakat positif, serta sarana edukasi terkait kebersihan lingkungan, sehingga para pelajar sejak dini menanamkan rasa untuk mencintai tanah air terutama Indramayu sesuai dengan visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, maju,Adil, Makmur, dan Hebat).

“Yuk kita jaga kebersihan karena Sungai Tjimanoek ini adalah icon indramayu, kita semua harus bisa selalu menjaga kebersihannya, ibu titip untuk kalian semua untuk kita bersama-sama jaga lingkungan,” ungkapnya.

Bupati Nina juga merangkul para guru dan siswa untuk mengadakan JUMSIH (Jumat Bersih) guna menjaga kebersihan di sekolah, karena menurutnya selain menjaga tali persaudaraan, menjaga lingkungan pun harus tersalurkan karena hal tersebut adalah circle life yang nantinya akan mampu meningkatkan kepribadian baik yang dapat menularkan perilaku positif.

“Ayo raih prestasi, kita kembangkan semua kesenian dan kenalkan yang menjadi khas Indramayu, salam sayang dari saya untuk semuanya adik-adik harus jadi anak hebat, pintar, rajin belajar, dan sukses bersama, juga sehat bersama, kita jaga lingkungan bergiliran untuk mengadakan acara di cimanuk kembali, anak Indramayu harus percaya diri,” ajaknya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan menyampaikan terkait Area Sudut Baca rumah mangga pun menjadi kegiatan rutin Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek dengan peserta siswa dari perwakilan sekolah yang hadir.

Dirinya mengungkapkan rasa bangga dapat ikut serta dalam kegiatan ini, di mana setiap minggunya dapat berjalan kegiatan literasi untuk menggugah minat baca para anak-anak pelajar Indramayu.

“Kita hadirkan kegiatan ini sejak 2018, kita menyediakan sudut baca dengan pikiran bahwa banyak orang yang datang ke cimanuk pada weekend, sehingga kita dapat salurkan minat baca dengan menyuguhkan spot untuk membaca menggambar dan lain sebagainya, oleh karena itu tempatnya kita bikin semenarik mungkin beda dengan yang lain, agar eye catching dan menarik masyarakat untuk mengunjungi,” jelasnya.

Iwan Hermawan menyampaikan Sudut Baca dibuka pada hari senin hingga minggu, lebih jelasnya senin sampai dengan jumat bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu, dan Jumat sampai dengan minggu bertempat di Sudut Baca Rumah Mangga Sungai Tjimanoek,”

“Dengan diadakannya Sudut Baca, anak-anak pelajar dapat melakukan berbagai hal positif terutama membaca yang bertujuan untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkarakter.” pungkasnya. (Media Jatibarang/diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *