JATIBARANG – Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jatibarang menggelar operasi yustisi gerebeg covid serentak di 15 Desa wilayah hukum Kecamatan Jatibarang. Operasi yustisi gerebeg covid tersebut digelar untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu, Kamis (3/12)

Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Camat Jatibarang
Indra Mulyana, AP M.Si, Kapolsek AKP Alka Nurani SH, Danramil Kapten Inf Sugiyanto. Mereka menyisir para pengguna jalan yang tidak memakai masker, langsung di stop dan diberi masker.

“Pelaksanaannya ini bukan dari pemerintah kecamatan jatibarang saja, namun kami lakukan juga  bersama-sama dengan kepolisian dan TNI,” Camat Indra Mulyana, menyampaikan di sela_sela operasi yustisi gerebeg Covid.

Dikatakannya, selain memberikan masker kepada warga, muspika juga memberikan edukasi terkait protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. “Tujuan dari kegiatan ini meminimalisir, bisa mengurangi penyebarannya Covid-19, di wwilayah kecamatan jatibarang” imbuhnya.

Muspika jatibarang menghimbau untuk lebih meningkatkan protokol kesehatan. Salah satunya menggunakan masker selain mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, serta berupaya menjaga jarak.

Bahkan untuk menekan penyebaran virus corona, pihaknya menyemprotkan disinfektan di beberapa tempat publik  seperti sekolahan, tempat ibadah, dan balai desa. pihaknya berjanji akan terus melakukan kegiatan yang serupa seperti operasi yustisi gerebeg covid di wilayah kecamatan jatibarang.

Operasi gerebeg covid ini kegiatan terpadu yg dilaksanakan oleh satgas covid kecamatan jatibarang bersama satgas covid desa dalam Wilayah Kecamatan Jatibarang, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid dilaksanakan dalam satu paket kegiatan, dengan sebutan “Grebeg Covid”, kegiatan ini meliputi,

1. Raoat kerja optimalisasi & evaluasi satgas covid kecamatan bersama satgas desa, serta pembahasaan Rancangan Surat Keputusan Kepala Desa tentang protokol kesehatan kegiatan keseharian masyarakat dalam masa pandemi Covid 19, 2.Giat penyemprotan desinfektan di lingkungan Masyarakat 3.operasi yustisi wajib masker ,yg dilaksakan di blok-blok lingkungan masyarakat pedesaan 4.sosialisasi protokol kesehatan wajib masker, sering cuci tangan dan jangan berkerumunan/jaga jarak.

dilaksanakkan secara keliling di blok-blok tempat tinggal masyarakat secara langsung, bersama gugus tugas covid-19. Kegiatan gerebeg covid akan dilaksanakan di seluruh desa dalam wilayah kecamatan jatibarang sesuai jadwal yg telah tersusun. Tindakan ini, kata dia, efektif memutus mata rantai penyebarannya ”Kami meminta kepada masyarakat, untuk mentaati protokol kesehatan,”pintanya. @mediajatibarang