Jum. Feb 28th, 2020

SUATU MASA DI SUNGAI SOJAR 3 HARI BERSAMAMU

1 min read

JATIBARANG – Indra Mulyana ( Camat Jatibarang ) memimpin normalisasi Sungai Sojar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, selama Tiga Hari dari mulai hari Jum’at s/d Minggu (17-19/1/2020).

“Sungai ini merupakan tanggungjawab bersama.Oleh karena itu, sebagai bentuk tanggungjawab ,Pemerintah Kecamatan Jatibarang hari ini melakukan normalisasi, tujuannya tentu untuk meminimalisir dampak banjir,” kata Indra disela sela kegiatannya.

”Pada umumnya, dalam hal ini masyarakat tidak tau ini kewenangan siapa.”Maka kami putuskan melakukan upaya pengerukan,” ucapnya.

Normalisasi sungai selebar delapan – Sepuluh meter tersebut akan dilakukan sepanjang Sungai Sojar. Selain pengerukan endapan lumpur, dan Eceng yang menuk serta bersih bersih sungai.

“Karena endapan lumpur yang sangat tinggi dan tertutup oleh Eceng, sungai berfungsi separuh sehingga saat hujan lebat air meluap dan menyebabkan banjir. Karena ini sifatnya kedaruratan, pengerukan sesuai kemampuan kita,” ujar Indra

Selain endapan lumpur sangat tinggi dari hasil pemanatauannya, Sungai Sojar ini dipenuhi sampah dan Eceng.  “Ini kan masalah, oleh karenanya kami mohon kesadaran warga sekitar aliran sungai, untuk tak membuang sampah ke sungai.Mari kita sama sama menjaga dan menjaga kelestarian sungai ini,”

Menurutnya, musim kemarau menjadi waktu yang tepat untuk melakukan normalisasi sungai. Sehingga pada musim hujan nanti, air bisa tertampung di sungai dan tidak berdampak banjir ke pemukiman warga dan atau pertanian warga.

Dari pantauan, kegiatan ini melibatkan peronsil Unsur Muspika, UPTD Pengairan, UPT Dinas Lingkungan Hidup dan Usur Pemdes Desa Bulak, masyarakat setempat.