Sel. Des 1st, 2020

Media Jatibarang.co.id—Pilkada Kabupaten Indramayu, 9 Desember 2020 mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Indramayu untuk memantau netralisasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Salah satunya dengan menggelar Sosialisasi netralisasi ASN di wilayah kecamatan Jatibarang. Kegiatan dibuka Panwascam Jatibarang, Senin (21/09).Komisioner Bawaslu Indramayu, SUPRIADI, S.H.I Anggota / Kordiv. Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga menyampaikan, tujuan sosialisasi untuk memberikan edukasi kepada ASN  lingkungan Kecamatan Jatibarang Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu menjaga netralisasi saat pilkada.

SUPRIADI, S.H.I menambahkan, melalui sosialisasi, netralitas ASN dapat meminimalisasi pelanggaran dan kecurangan sehingga dapat menghasilkan pilkada yang aman, damai dan sejuk.

Camat jatibarang Indra Mulyana AP.,M.Si dalam sambutannya menegaskan, sosialisasi ini patut  diapresiasi sebagai upaya preventif mencegah ASN untuk terlibat dalam kegiatan politik praktis. Apalagi, kata Indra Mulyana, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah Peraturan Perundang-Undangan menjaga  netralisasi ASN sebagaimana diamanahkan UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Ia menegaskan, salah satu poin penting dari penjabaran UU No. 5 Tahun 2014 mengamanatkan agar ASN menjadi  abdi negara yang profesional, berintegrasi, independen serta bebas dari intervensi politik.

“Saya tidak akan pernah bosan mengingatkan ASN agar netralisasi dalam setiap tahapan pilkada, terutama dalam  masa kampanye, karena akan ada sanksi yang didapatkan jika ASN terbukti melakukan pelanggaran terhadap  aturan tersebut,” ujar Indra Mulyana mengingatkan.

Selanjutnya, ia berharap kepada peserta yang mengikuti sosialisasi semakin menguatkan komitmen dan tanggung  jawab moral seluruh ASN di wilayah Kecamatan Jatibarang untuk benar-benar secara sadar menegakkan netralisasi guna  mendukung kondusifitas dan suksesnya pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember tahun 2020.

Acara sosialisasi juga diisi dengan diskusi serta tanya jawab bagi para peserta yang hadir. Media jatibarang (u/n).